Tips Sewa Bus Pariwisata saat akan liburan

Melakukan perjalanan pariwisata merupakan kebutuhan semua orang yang seharusnya diupayakan agar terlaksana secara efektif dan menyenangkan. Untuk mengawalinya, tahap persiapan dan penyewaan bus pariwisata harus menjadi perhatian utama, terutama jika perjalanan wisata dilakukan bersama rombongan. Nah, artikel ini memberikan Anda tips dan trik sewa bus pariwisata di Jakarta agar momen liburan jadi sempurna.

Seperti diketahui, Jakarta merupakan ibu kota negara yang merupakan pusat kegiatan bisnis dan ekonomi. Banyak orang bekerja dan mencari penghidupan di Jakarta. Mereka melewatkan harinya dengan sejumlah rutinitas yang tak jarang membosankan.

Tapi ada saatnya mereka mendapat kesempatan untuk berlibur di dalam mauptips sewa bus pariwisataun luar Jakarta. Memperhatikan kebutuhan tersebut, sejumlah jasa bus pariwisata Jakarta pun bermunculan guna mendampingi perjalanan pariwisata Anda dan grup agar senantiasa menyenangkan. Perusahaan sewa bus pariwisata Jakarta juga tidak sedikit yang melayani penjemputan di luar Jakarta. Akses jalan yang tersedia memungkinkan mereka melakukan penjemputan secara cepat ke hadapan Anda.

Mengingat perusahaan jasa sewa bus pariwisata Jakarta sangat banyak, Anda harus betul-betul selektif ketika melakukan penyewaan. Perhatikan sejumlah detail dan track record perusahaan agar Anda tidak salah pilih. Cara termudah melakukan seleksi adalah dengan mencari tahu segala informasi tentang perusahaan sewa bus pariwisata lewat dunia maya.

Setidaknya ada 5 tips dan trik yang harus Anda perhatikan ketika menyewa bus pariwisata Jakarta. 5 hal tersebut di antaranya:

 

#1. Siapkan Data dan Pertanyaan Detail Ketika Pemesanan

Terdapat banyak kemudahan dalam melakukan pemesanan barang atau jasa di zaman serbateknologi saat ini. Termasuk ketika Anda ingin memilih dilanjutkan dengan memesan sewa bus pariwisata. Anda bisa memesannya via internet atau melakukan komunikasi jarak jauh via telepon. Anda juga bisa mendatangi perusahaan penyewaan bus pariwisata Jakarta secara langsung untuk memastikan transaksi berjalan lancar.

Ketika proses pemesanan berlangsung, pastikan Anda telah menyiapkan sejumlah data seperti kepastian tanggal pemesanan bus, jumlah rombongan yang ingin Anda bawa, tujuan pariwisata secara spesifik serta durasi pemakaian bus. Dari data-data tersebut, nantinya perusahaan bus akan melakukan penyesuaian-penyesuaian serta memaparkan kesiapan layanan.

Baca juga:

#2. Pastikan Kapasitas Bus Sesuai dengan Jumlah Rombongan

Pada layanan sewa bus pariwisata, biasanya terdapat tiga pilihan kapasitas bus mulai dari 24 kursi dan 44 kursi untuk kelas medium, serta bus berkapasitas 59 kursi untuk kelas jumbo. Anda harus memastikan bahwa kapasitas bus sesuai dengan jumlah rombongan pariwisata yang ingin Anda bawa. Jangan sampai ketika keberangkatan, ada salah satu atau beberapa dari kelompok Anda yang tidak kebagian kursi karena salah pelaporan ketika pemesanan.

Sebagai langkah antisipasi, Anda bisa memesan bus dengan jumlah kursi yang berlebih dari jumlah anggota kelompok pariwisata yang akan berangkat. Dengan begitu, jika ada peserta wisata yang bergabung secara mendadak, mereka tidak perlu khawatir tidak kebagian kursi karena masih ada kursi kosong yang tersedia.

Tapi sebaiknya keikutsertaan peserta baru secara mendadak dapat dihindari untuk mengantisipasi kerepotan akomodasi sepanjang jalan. Bukankah segala perjalanan pariwisata harus direncanakan jauh-hauh hari.

#3. Prioritaskan Pembayaran DP

Sistem pembayaran Down Payment (DP) atau uang muka dapat Anda pakai untuk memastikan pemesanan. Pembayaran dilakukan dengan syarat, seluruh kesepakatan dalam penyewaan sudah final dan kedua belah pihak sama-sama puas.

Biasanya uang muka dibayarkan sehari setelah pemesaan, besarannya sekitar 30 persen dari total harga, atau berdasarkan kesepakatan. Pembayaran uang muka berguna agar perusahaan sewa bus pariwisata dapat segera menyiapkan akomodasi bus dengan baik. Jangan lupa untuk melakukan pelunasan setidak-tidaknya sehari sebelum perjalanan pariwisata terlaksana.

4#. Sesuaikan Harga dengan Fasilitas Bus yang Tersedia

Perjalanan pariwisata kelompok pariwisata Anda haruslah nyaman dan menyenangkan. Sebab hal tersebut akan membuat Anda selalu fresh ketika sampai dan mengeksplorasi tempat wisata tujuan. Bus pariwisata kebanyakan telah mendukung ragam fasilitas yang menujang kenyamanan penumpang.

Fasilitas-fasilitas yang ditawarkan dimulai dari yang paling vital, yakni tempat duduk penumpang. Tempat duduk untuk perjalanan wisata banyak yang didesain nyaman untuk tidur dan bersandar serta memilki leg room yang cukup luas.

Perusahaan sewa bus pariwisata kebanyakan sudah menyediakan jasa pengemudi dan akomodasi semisal bahan bakar dalam rangkaian permbayaran yang telah disepakati di awal. Namun Anda perlu memastikan detail pembayaran lainnya, misalnya untuk bayar tol dan parkir, apakah dibebankan kepada penyewa atau ditanggung oleh perusahaan.

Jika perjalanan wisata Anda memakan waktu hingga belasan ataupuluhan jam, Anda tentu harus menyiapkan dan memperhitungkan biaya konsumsi. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan perusahaan penyedia sewa bus pariwisata karena beberapa perusahaan bisa menyediakan konsumsi untuk sopir dan penumpang dengan harga yang telah disepakati.

Untuk antisipasi keterbatasan konsumsi dan air, kelompok pariwisata Anda sebaiknya membawa perbekalan masing-masing menyesuaikan dengan kebutuhan. Jangan lupa untuk menyiapkan kantong plastik atau obat anti mabuk perjalanan, untuk mengantisipasi penumpang yang mabuk perjalanan.

Jika Anda ingin membayar lebih untuk momen perjalanan bus yang keren, Anda bisa memilih bus yang dilengkapi pendingin ruangan (air conditioner), perangkat multimedia seperti televisi dan pemutar video, DVD, serta mikrofon untuk karoke. Pada bus-bus pariwisata tertentu juga sudah disiapkan plug in charger serta Wi-Fi sehingga kelompok wisata Anda berpeluang online sepanjang jalan.

#5. Perhatikan Waktu Reservasi

Penyedia jasa sewa bus pariwisata di Jakarta memang sangat banyak. Anda pun bisa pesan kapan pun menyesuaikan dengan agenda liburan. Tapi jangan sampai Anda lengah untuk melakukan pemesanan bus pariwisata di momen liburan. Sebab, semua orang pun bermaksud sama seperti Anda, yakni ingin melakukan perjalanan wisata, pun pastinya membutuhkan penyewaan bus pariwisata terbaik.

Guna mengantisipasi kehabisan bus, Anda harus memerhatikan waktu reservasi. Rencanakanlah liburan kelompok Anda jauh-jauh hari. Segera pesan bus pariwisata berkualitas baik dan Anda pun bisa menikmati perjalanan wisata dengan tenang dan menyenangkan.

***

Ada banyak tempat-tempat pariwisata indah yang tak boleh Anda lewatkan ketika melakukan perjalanan wisata bersama teman-teman maupun rekan kerja. Guna menyukseskan momen liburan tersebut, Anda setidaknya harus cerdas melakukan sewa bus pariwisata.

Pertimbangkan pula jarak tempuh dan kemungkinan bus melewati perjalanan hingga sampai di tujuan dengan aman. Anda bisa dengan mudah membandingkan kualitas dan harga dari sejumlah perusahaan penyewaan bus pariwisata untuk kemudian memilih yang terbaik.

Kunci sukses menyewa bus pariwisata untuk perjalanan liburan yang menyenangkan ialah, Anda harus detail dalam mencari tahu layanan yang tersedia. Pilihlah perusahaan sewa bus pariwisata yang komunikatif, dalam artian mereka siap sedia menjawab pertanyaan Anda secara jelas kapan saja.

Demikianlah Tips dan Trik Menyewa Bus Pariwisata di Jakarta Biar Liburan Jadi Sempurna. Semoga perjalana liburan kelompok Anda senantiasa menyenangkan!